BUKAN HANYA DIBERKATI NAMUN HARUS JUGA MENJADI BERKAT, SIAPAPUN BERKATI MEREKA DI DALAM TUHAN

 “Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi " (Matius 5:14)

Pohon cemara adalah pohon yang istimewa, jarang sekali kita menemukan pohon cemara yang tumbang. Lagi pula, pohon cemara selalu kita gunakan sebagai pohon Natal. Kita tidak pernah melihat pohon beringin dipakai sebagai pohon natal bukan ? mengapa dan keistimewaan apa gerangan yang ada pada pohon cemara itu ?

PERTAMA,
 
Pohon cemara tidak mudah patah/roboh sekalipun ditanam di tempat yang tinggi bahkan sering diterjang badai. Sebab pohom cemara memiliki urat kayu yang berpilin (memutar) melingkari sekujur batangnya, jadi urat kayunya tidak lurus seperti keadaan batangnya. Inilah yang menjadi keistimewaan dari pohon cemara itu. Demikian pula halnya dengan orang yang beriman, urat-urat imannya berpilin berputar sekujur kehidupannya, itu sebabnya orang yang beriman tak mudah hancur diterjang masalah. 

Pohon cemara tidak asal menancapkan akar kesana kemari di bawah tanah untuk menopang batangnya yang tinggi menjulang dan besar itu. Tapi akar sungguh teguh dan kuat dan menempatkan akarnya ke seluruh tanah yang ada di sekitarnya, dan tidak memilih-milih tanah, tanah keras dan lembek juga dijaring di bawah tanah untuk hidup bertahan di alam terbuka.

Demikian kita orang percaya, orang percaya banyak , namun percaya dengan bobot iman itu sedikit, dan untuk menjadi berkat banyak yang mau namun berkat seperti apa yang kita miliki baru menjadi berkat ? 

KEDUA,
 
Pohon cemara mempunyai bentuk batang yang lurus ke atas, tak bercabang-cabang besar seperti pohon-pohon yang lain. seharusnya orang percaya juga harus memiliki hati yang lurus, jujur dan tulus, jangan hati yang ruwet dan penuh bercabang, sehingga bisa menjadi kesaksian dan panutan orang sekitarnya.

KETIGA,
 
Pohon cemara sepanjang tahun mempunyai daun yang tetap menghijau, sekalipun berada dalam musim kering, gugur maupun dingin. Pohon-pohon ynagb lain daunnya akan berubah menjadi coklat dan rontaok ketika musim gugur atau dingin tiba. Pohon cemara selalu memiliki daun yang tetap menghijau Dalam segala musim. Orang percaya harus tetap bersukacita dan hidup penuh dengan ucapan syukur dalam segala keadaan, baik di saat suka maupun duka.

Biak juga bila kita mau melihat dan belajar dari pohon cemara tersebut, jangan hanya ikut-ikutan mempergunakannya sebagai pohon natal, tapi tidak mengerti artinya.

TUHAN YESUS MEMBERKATI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »