APAKAH PERSEPULUHAN ADALAH SUATU KEHARUSAN ATAU PILIHAN ? INI PENJELASAN LENGKAP DAN TUNTAS

Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan. Supaya ada persediaan makanan di rumahku dan ujilah aku, firman Tuhan smesta alam, apakah aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan. (Maleakhi 3 : 10)
Membayar persepuluhan… harus dilakukan (sabda Kristus dalam Lukas 11 : 42)
 
APA ITU PERSEPULUHAN ?

Persepuluhan adalah sebuah perintah ketaatan kepada Allah penyerahan 10% dari penghasilan kita untuk pelayanan di rumah Allah (Maleakhi 3 : 10).

MENGAPA KITA HARUS MEMBAWA PERSEPULUHAN ?

1. Persepuluhan merupakan pengakuan iman bahwa Allah adalah penguasa hidup kita.
2. Persepuluhan merupakan pengakuan iman bahwa semua yang kita miliki dan dapatkan berasal dari Allah.
3. Persepuluhan merupakan sistem ekonomi Allah yang diciptakan untuk membiayai pelayanan di rumahNya termasuk menghidupi hamba-hambaNya yang bekerja sepenuh waktu.
4. Persepuluhan melatih kita dalam hal ketaatan dan kesetiaan.
5. Persepuluhan melatih kita agar kita terlepas dari ketamakan.
6. Persepuluhan merupakan sistem yang digunakan Allah sebagai jalan pembuka pintu-pintu langit untuk mencurahkan berkat-berkatNya kepada kita.

APAKAH PERSEPULUHAN ADALAH SUATU KEHARUSAN ATAU PILIHAN ?

Perintah persepuluhan adalah sebuah perintah Allah yang diberikan sejak perjanjian lama dan tidak pernah dicabut oleh Tuhan Yesus hingga sekarang. Tuhan Yesus mengatakan persepuluhan harus dilakukan (Matisu 23 : 23 ; Lukas 11 : 42). Persepuluhan adalah sebuah keharusan, bukan pilihan. Ketidaktaatan membawa Persepuluhan dianggap sebagai tindakan merampok Tuhan sendiri. Yang konsekuensinya sangat berat. Termasuk mendatangkan kutuk dalam hidup kita. Sebaliknya ketaatan membawa persepuluhan mendatangkan berkat yang luar biasa (Maleakhi 3 : 8 – 11).

 BAGAIMANA PERHITUNGAN PERSEMBAHAN PERSEPULUHAN ?

Sesusai gambaran yang dicatat dalam Alkitab, pada prinsipnya sebagai berikut:
1. Setiap dan semua penghasilan pribadi bersih yang kita terima kita sisahkan dan persembahkan sebesar 10% secara teratur.
2. “Penghasilan pribadi” = yang kita terima secara pribadi, bukan yang diterima atau dihasilkan oleh perusahaan.
3. “Bersih” = penghasilan pribadi setelah dipotong pajak sebelum dipotong dicicilan-cicilan dan/atau pembayaran-pembayaran lainnya.
4. “yang kita terima” = yang sudah sungguh-sungguh kita terima cash atau di bank, bukan yang di atas kertas atau akan diterima atau secara teoritis akan diterima.
5. ”Sisihkan dan persembahkan” = begitu diterima langsung (prioritas utama) dipotong 10% untuk persembahan persepuluhan.
6. ”Sebesar 10%” = 10% dari penghasilan bersih yang yang kita terima.

KEMANA KITA HARUS MEMBAWA PERSEMBAHAN PERSEPULUHAN ?

Firman Tuhan mengatakan, “bawalah seluruh persembahan Persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan… (Maleakhi 3 : 10). Rumah perbendaharaan artinya adalah rumah Allah atau bait suci di mana umat beribadah kepada Allah. Pada masa kini rumah perbendaharaan adalah Gereja lokal di mana kita beribadah, tertanam, melayani dan dilayani. Dalam konteks kita, Gereja lokal kita adalah GBI basilea.

APAKAH PERSEPULUHAN BOLEH DIBERIKAN UNTUK HAMBA TUHAN SECARA PRIBADI / SUMBANGAN SOSIAL / SUMBANGAN PRIBADI / SUMBANGAN YAYASAN ?

Perintah Persepuluhan diberikan Allah sebagai sistem pembiayaan pelayanan rumah Allah. Itulah sebabnya ia memerintahkan agar Persepuluhan di bawa ke rumah perbendaharaan (“ Gereja”),bukan kepada hamba Tuhan perseorangan atau untuk membantu kaum miskin atau sumbangan-sumbangan lainya.

Perintah Persepuluhan diberikan secara spesifik dan unuk. Apabila kita ingin memberi persepuluhan kepada perseorangan atau lembaga Kristen harus diambil dari sisa dari penghasilan kita (dari yang 90%) bukan dari persepuluhan. Intinya kita tidak bisa sesuka hati dalam memberikan Persepuluhan, karena telah diatur secara tegas dan yang menetukan perintah ini adalah Tuhan sendiri sebagaimana tertulis di dalam alkitab.
APAKAH SAYA BOLEH MEMBERIKAN PERSEPULUHAN SAYA KE BERBAGAI GEREJA ?
Persepuluhan adalah sistem yang Allah ciptakan untuk membiayai pelayanan GerejaNya, dan Allah telah menetapkan setiap orang untuk tertanam di sebuah Gereja lokal secara spesifik dan unik. Allah tidak menghendaki “kelinci-kelinci rohani” yang berpindah-pindah dari satu gereja ke Gereja lainnya, karena dengan berpindah-pindah mereka tidak akan pernah belajar dan mengalami prinsip tertanam dalam kesetiaan, komitmen dan tanggung-jawab. Persepuluhan harus dipersembahkan kepada Tuhan di Gereja lokal di mana kita tertanam, melayani dan dilayani. Setiap gereja memiliki tanggung jawab masing-masing dari Tuhan sehingga setiap anggota jemaat perlu berlaku setia, komitmen dan bertanggung-jawab terhadap gereja lokal masing-masing.

Sebagai ilustrasi : ada ribuan gerai mcdonald yang memiliki oleh satu perusahaan mcdonald. Apabila kita menerima jasa dan pelayanan di gerai mcdonald di cabang/lokasi ABC kita harus membawa kontribusi/pembayaran kita kepada gerai mcdonald di cabang ABC. Bukan kepada gerai McDonald di 8 cabang XYZ yang tidak terkait dengan kita. Demikian juga dalam hal persembahan Persepuluhan. Kita membawa Persepuluhan ke Gereja lokal di mana kita berjemaat sehingga pelayanan Tuhan di Gereja tersebut dapat berlangsung dengan baik dan lancar.

KAPAN KITA HARUS MEBAWA PERSEMBAHAN PERSEPULUHAN ?

Persepuluhan kita persembahkan ke rumah Allah sesuai dengan jenis pekerjaan dan penghasilan masing-masing. Setiap bulan bagi yang menerima pendapatan bulanan. Atau setiap minggu bagi yang menerima pendapatan mingguan. Atau setiap tahun bagi yang mempunyai penghasilan tahunan, atau setiap musim bagi yang berpenghasilan secara musiman. Mari kita bawa persepuluhan kita dalam ketaatan dengan sukacita dan motivasi yang benar yaitu untuk belajar “selalu takut akan Tuhan”, dengan demikian kita membuka pintu berkat bagi kita dan keluarga kita untuk hidup sekarang dan yang akan datang. Amin

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »