TINGKATAN SURGA YANG SEBENARNYA MENURUT ALKITAB

Mysavior-Aku tahu tentang seorang Kristen, empat belas tahun yang lampau—entah di dalam tubuh, aku tidak tahu, entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya—orang itu tiba-tiba diangkat ketingkat yang ketiga dari surga. (2 kor. 12:2)

Orang-orang yahudi di zaman alkitab ditulis tidak memiliki pengetahuan ilmiah seperti kita hari ini. Misalnya, sekarang setiap anak SD sudah tahu bahwa bumi adalah sebuah planet, tetapin orang-orang yahudi 2000 tahun yang lalu menganggap bumi hanyalah daratan yang dikelilingi laut.


Demikian pula dengan surag atau langit. Karena pengetahuan yang terbatas, mereka belum memahami langit dan bumi secara ilmiah, sehingga berusaha menggambarkannya dengan konsep sederhana dan matefora yang mereka ketahui.

Orang-orang yahudi membayangkan surge atau langit lapisan bertingkat di atas bumi. Dalam alkitab tersirat ada tiga tingkat, sementara dalam tulisan-tulisan lain seperti pseudepigafa serta ajaran mistis kabbalah, ada model lainyang terdiri dari tujuh tingkat.
Berikut adalah model tiga tingkat surge yang dipahami oleh orang-orang yahudi pra-iptek itu, seperti juga di tunjukkan melalui gambar di sampan. Dalan semua ayat di sini, surtga ditulis…(shamayim) dalam perjanjian lama atau ….(uranos) dalam perjanjian baru.


1. Surga tingkat pertama adalah atmosfer bumi, langit yang terletak di atas bumi,
tempat burung-burung berterbang dan awan-awan (kej. 2:19, 7:3; Mzm. 8:8; Mat. 6:26).

2. Surga tingkat kedua adalah ruang angkasa di luar atmosfer bumi, tempat matahari,
bulan dan benda-benda langit lainnya (kej. 15:5; UI. 17:3; Mat. 24:29)

3. Surga tingkat ketiga adalah surge yang tidak terlihat oleh mata manusia, tempat takhta Allah dan kediaman malaikat-malaikat serta makhluk surgawi (Mzm: 2:4; Mat. 23:22; Why. 4:2). Disebut juga “langit yang mengatasi segala langit” (UI. 10:14; 1Raj. 8:27; Mzm. 148:4). Gambarannya adalah tempat fisik nun jauh tinggi di atas sana.

TUHAN MEMBERKATI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »