KEHIDUPAN DI DALAM KERAJAAN ALLAH BAGI PENGIKUT KRISTUS, SUNGGUH TUHAN AJAIB DAN AGUNG

SAYA PENGIKUT KRISTUS

Setelah masuk ke dalam kerajaan Allah, maka kita perlu mengerti bagaimana hidup di dalam kerajaan Allah. Kerajaan allah adalah sebuah gaya hidup dimana kita membiarkan hidup kita diperintahkan oleh Kristus melalui ketaatan kita kepada kehendak (firman) Nya (Matius6:10).

Sejak waktu itulah Yesus memberitakan : bertobatlah, sebab kerajaan sorga sudah dekat Matius 4:17

Yesus berkata kepada mereka: mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan Penjala manusia. Matius4:19

Gaya hidup yang terutama di dalam kerajaan Allah adalah menjadi Pengikut Kristus.

Mengikut pribadi dan ajaran Kristus “Ikutlah Aku”
Marilah kepada-ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang ku pasang dan belajarlah pada-ku, kerena aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang kupasang itu enak dan bebankupun ringan 11:28-30.

Ada 3 langkah menjadi murid kerajaan Allah:
Kata murid dalam bahasa Yunani adalah Mathetes yang artinya:
“seorang Pengikut yang terus-menerus mengikuti Gurunya kemanapun ia pergi, dan selalu menjadi pemegang (pelajar) dari gurunya setiap hari”.

Bagaimana mempraktekkan ketiga langkah tersebut? (Yohanes15:5,7):



Mengikut  misi Yesus

“dan kamu akan  Kujadikan Penjala manusia.”
Tujuan utama menyelamatkan kristus bukanlah supaya kita ke sorga, tetapi agar kita hidup di dalam kerajaan sorga / allah. (Matius 4:17)

Gaya hidup yang terutama di dalam kerajaan Allah adalah menjadi pengikut Kristus setiap saat. (Matius4:19)

Berjalan bersama dengan Allah adalah gaya hidup yang telah hilang dari Adam pada waktu ia berdosa, akibatnya Adam kehilangan hidup yang berkelimpahan. (Kejadian 3:8-10)

Diskusi Kelompok:
1. Apakah arti menjadi murid Kristus (bahasa Yunani : Mathetes )?
(Matius 4:17). Ceritakan !
2. Bagaimanakah mempraktekan ketiga langkah menjadi murid kerajan Allah (berjalan bersama Kristus, berlajar dari Kristus dan berubah serupa Kristus) ? 
3. Apakah artinya penjala manusia ? Bagaimanakah caranya ?

Praktekan :

1. Pilihlah salah satu bahan renungan pribadi (misalnya : renungan pelajaran 4, hari 5, Markus 3 : 13 - 15 ), jawablah pertanyaan -pertanyaan tersebut ( 5-7 menit), lalu ceritakanlah berkat-berkat yang anda peroleh dalam kelompok. Praktekan doa bersama beberapa menit.

2. Buatlah keputusan sejak hari ini untuk saling mengingatkan setiap hari untuk berjalan bersama Kristus dan berlajar dari Kristus melalui doa dan saat teduh setiap hari. Setelah itu, ceritakanlah kesaksian anda kepada orang lain.

3. Buatlahlah daftar nama orang-orang yang belum diselamatkan ( FIP LIST). Mulailah mendoakan beberapa nama agar mereka menjadi percaya.

AYAT HAFALAN :

LUKAS 9 : 23

" KataNya kepada mereka semua : " Setiap orang yang mengikuti Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari, dan mengikut Aku. "

Renungan Pribadi Setiap Hari

Hari ke -1 
MArkus 1 : 16 -20

1. Siapakah yang bertemu dengan Yesus ? Sedang apakah mereka ? (ayat 16)
2. Apakah kata Yesus kepada orang-orang tersebut ? (ayat 17). Lalu, apakah yang terjadi ? (ayat 18)
3. Siapa lagi yang bertemu dengan Yesus ? Apakah yang Yesus lakukan dan apakah respon orang-orang tersebut ? (ayat 19-20)

Langkah pertama untuk hidup dalam kerajaan Allah adalah mengikut Kristus.

Hari Ke-2
Markus 10: 28 - 30

1. Apakah yang Petrus katakan kepada Yesus ? (ayat 28)
2. Apakah jawaban Yesus atas pertanyaan Petrus tersebut ?  (ayat 29-30)

NB:

Mengikut Kristus bukanlah tindakan yang sia-sia. Mengikut Kristus adalah cara hidup yang benar dan  yang seharusnya. Kristus agar kita yang mengikut Dia adalah agar hidup kita diberkati. 100x lipat bukan berarti harfiah, melainkan " berkat yang sempurna" .Seteleh mengikut Kristus, kita mempunyai banyak saudara seiman, orangtua rohani, harta-harta, rumah, (tumpangan) yang dapat kita nikmati.

Berjalan bersama dengan Allah adalah gaya hidup yang telah hilang dari Adam pada waktu ia berdosa akibatnya Adam kehilangan hidup yang berkelimpahan. (Kejadian 3 : 8-10).
Hari 3:

1.      Apakah yang anak manusia (Yesus) harus alami? (ayat 22)
2.  Apakah syaratnya untuk menjadi murid / pengikut Yesus? (ayat 23) mengapa? (ayat 24)

3.   Hal apa yang terjadi dengan orang-orang yang mencintai dan mengikuti dunia? (ayat 25). Jadi, bagaimana seharusnya sikap kita terhadap Yesus? (ayat 26).

Karena musuh kerajaan Allah adalah kerajaan ego maka kita tidak dapat mengikuti Kristus dalam kerajaaNya bila kita tidak menyangkal diri dan memikul salib setiap hari. (Lukas 9:23)

Hari 4:

1.      Temukanlah apa saja syaratnya untuk menjadi pengikut yesus?
-- ayat 26
-- ayat 27
-- ayat 33
2.      Apakah yang harus dipertimbangkan oleh orang yang mau mengikuti Yesus? Seperti apakah Yesus memberikan perumpamaan tentang menghitung harga yang harus dibayarkan untuk mengikuti Yesus? (ayat 28-32)
3.      Jika seseorang tidak sungguh-sungguh menjadi pengikut Yesus, apa akibatnya? Seperti apakah Yesus menggambarkan hidupNya? (ayat 34-35)

NB:
Kata membenci  dalam ayat 26, bukankah berarti kita harus membenci ayah-ibu kita. Maksudnya adalah bahwa kasih kita kepada Tuhan haruslah jauh lebih besar  dari pada terhadap yang lain. Jika dibandingakan,maka kasih terhadap hal-hal yang lain adalah seperti membenci.

Setiap orang yang masuk ke dalam kerajaan Allah bersedia menukarkan harta terbesar dalam hidupnya yaitu dirinya dengan harta kerajaan Allah, karena harta kerajaan Allah jauh lebih besar dan berharga (Matius13:44-46)

Hari 5:

1.      Apakah  yang Yesus lakukan di atas bukit? (ayat 13)
2.      Apakah  yang kedua belas orang itu harus lakukan? Untuk apakah Ia memanggil mereka? (ayat 14).
3.      Apakah  yang diberikan oleh Yesus kepada mereka untuk melakukan tugasnya? (ayat 15)

NB:
Kristus memanggil kita untuk menyertai Dia (mengikut Dia), dan orang-orang yang mengikut Dia diberikan kuasa untuk memenangkan jiwa. Rasul-rasul adalah contoh nyata yang patut kita tiru. Bila kita mengikut Kristus maka Kristus sendirilah yang akan menjadikan kita pemenang jiwa. (Matius 4:19)

Hari 6:

1.      Siapakah  yang Yesus utus? Untuk apakah mereka diutus? (ayat 1-3)
2.      Apakah  yang Yesus larang untuk mereka lakukan di dalam perjalanan mereka? (ayat 4)
3.       Apakah  yang harus mereka lakukan? Rumah yang bagaimanakah yang harus mereka temukan? (ayat 5-7). Apakah yang harus mereka di rumah tersebut? (ayat 8-9)

NB:
Mereka  dilarang membawa perbekalan (pundi-pundi,bekal, kasut, dll) supaya mereka mengalami pertolongan Allah yang ajaib. Mereka tidak boleh bersalaman supaya orang-orang jangan mempengaruhi mereka untuk mundur di tengah perjalanan .
Berdoa, berkunjung, berbagi hidup dan berita Injil adalah acara memenangkan jiwa yang terbaik. (Lukas 10:1-9)

Hari 7:

1.      Apakah ajaran Yesus tentang bagaimana menghasilkan buah? (ayat 24)
2.     Mengapa kita harus “mati”, yaitu tidak mencintai diri sendiri? (ayat 25)
3. Apakah yang harus kita lakukan bila ingin melayani Yesus dan menghasilkan buah (jiwa-jiwa)? (ayat 26)
NB:
Yesus  mengumpamakan dirinya seperti biji gandum yang akan mati dan menghasilkan banyak biji-biji gandum  yang lain (jiwa-jiwa).
Bila kita menanam doa, waktu, hidup dan injil, mak kita pasti akan menuai jiwa-jiwa



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »