ADA 4 TELADAN JOSUA DALAM ALKITAB YANG DIAKUI DARI JAMAN KE JAMAN DAN PERLU DITIRU DEMI KEBERHASILAN DALAM TUHAN

Mysavior.Com- Menjelaskan kepada kita bahwa dalam melakukan apapun baik perkara kecil dan besar , kita dipastikan harus mengalami proses dalam pencapainya. tanpa proses maka tidak hasil yang digapai sama sekali

“ Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkan hatimu ? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab Tuhan Allahmu menyertai engkau, kemanapun engkau pergi.” ( YOSUA 1 :9 )

Pelajaran yang baik untuk kita ambil manfaatnya, yaitu apa yang tertulis dalam kitab Yosua pasal 3 yaitu saat orang –orang Israel berada di bawah kepemimpinan Josua dalam memasuki tanah kanaan dimana sebelumnya mereka harus melewati tantangan yaitu sungai Yordan. Dan lihat, betapa mereka dapat melewati sungai itu dengan suatu kemenangan besar sekali dengan cara:

Pertama
Yosua 3:1 Yosua bangun pagi-pagi


Kesuksesan tidak akan pernah diraih oleh orang orang yang malas. Kerajinan yang dibuuthkan agar kita dapat hidup dalam keterberkatan Tuhan. Jangan biaskan hidup bermalas-malasan, tapi selalu hendaklah kita rajin dan giat bekerja.

Kedua
Yosua 3:1 ....maka bermalamlah mereka disana, sebelum menyebrang”

Tuhan mengajarakan kita untuk tidak menginginkan segala sesuatu dengan instan. Tuhan menginginkan kita agar menyukai proses yang dilakukanNya dan tidak tergesa-gesa. Segala sesuatu yang instan tida akan membawa kebaikan tapi pesiapan yang matang lewat proses yang baik akan mendatangkan kesiapan yang sempurna. Namun bila menghandapi masalah apapun, jangan mengeluh. Ingat bahwa Tuhan selalu baik dan bersiplah selalu untuk segala proses yang harus dihadapi.

Ketiga
Yosua 3:2-3
...maka kau harus berangkat dari tematmu dan mengikutinya.”

Ada keharusan untuk taat dan menjadikan Tuhan sebagai pimpinan dalam seluruh aspek kehidupan. Ia adalah Allah yang Maha Tahu. Bila Ia menjadi Pemimpin kitapasti tak ada sesuatu yang tak ketahuiNya. Dan pasti tidak akan membiarkan kita terperangkap dalam jebakan-jebakan yang ada. Bahkan dia hindarkan kita dari segala yang buruk . ketaatan selalu mendatangkan kebaikan.

Keempat
Yosua 3:5
....Kuduskanlah dirimu sebab besok Tuhan akan melakukan perbuatan yang ajaib diantara kamu."

Ya ! kekudusan ialah syarat mutlak bila ingin Tuhan menyertai dan melakukan perkara-perkara besar dalam hidup kita. Tanpa kekudusan tak seorang pun dapat melihat Allah; kalau tidak melihat Allah – maka yang dilihat adalah setan. Dan itu berbicara tentang si Perusak, perampok dan Pembinasa ! Apa yang dilakukannya ? otomatis segala hal yang jahat dan najis / nista tapi ketika kita menjaga kekudusan kita maka Tuhanlah yang akan menyertai dan melakukan perkara-perkara besar dalam kehidupan kita.

Ingatlah ! hadapilah dan jalanilah tahun-tahun hidupmu dengan : kerajinan, mengucap syukur dalam segala “ proses” atau masalah yang sedang dihadapi, ketaatan kepada Tuhan sekaligus menjadikan Dia sebagai pemimpin dalam hidup ini. Serta kerjakanlah selalu kekudusanmu ; niscaya saudara akan menjalani hidup dengan penuh keberhasilan dan keterberkatan.

TUHAN YESUS SELALU MEMBERKATI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »